SEKILAS INFO
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan sebuah Tempat Ibadah / Musholla yang terletak di Jalan Raya Simbang Wetan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan  Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Pembangunan tema WP Masjid sudah dimulai, Bismillah… semoga diberikan kelancaran
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Minggu, 3 03 2024 Maret 2024 >

IMSYAK 04:19
SUBUH 04:29
DZUHUR 11:49
ASHAR 15:05
MAGHRIB 17:45
ISYA 18:53

Bersuci dari hadats kecil (wudhu) dan bersuci dari hadats besar (mandi wajib) merupakan perkara yang wajib kita ketahui bagi setiap orang muslim. Karena bersuci menjadi syarat wajib dalam melakukan ibadah sholat.

Dalam berwudhu atau mandi wajib mempunyai syarat dan rukun yang wajib kita ketahui agar wudhu atau mandi besar yang kita lakukan syah sesuai syariat yang berlaku, pada kesempatan ini admin akan menulis syarat wudhu dan mandi wajib (mandi besar).

Mandi besar dan wudhu mempunyai syarat yang sama, jumlahnya ada 10 yaitu :

1.  Islam

2. Tamyiz

3. Suci dari haidh dan nifas

4. Tidak ada perkara yang menghalangi air ke anggota badan yang wajib di basuh, sesuatu yang merekat di tubuh  seperti malam, cat dan lainnya atau kotoran-kotoran di bawah kuku sehingga menghalangi air merata di anggota badan yang wajib terbasuh air.

Jika memakai cincin atau lainnya agar digerak-gerakkan supaya air bisa masuk. Apabila cincin atau lainnya itu tidak bisa digerakan karena sempit ata kencang maka harus dilepas.

5. Pada bagian (anggota badan) yang dibasuh tidak ada perkara yang merubah air

6. Mengerti kefardhuan wudhu atau mandi

7. Tidak meyakini fardhu wudhu atau mandi besar itu sunnah, misalnya seseorang yang berwudhu bahwa membasuh muka adalah wajib namun diyakini itu sunnah, maka wudhunya tidak sah.

8. Menggunakan air yang suci dan mensucikan

Untuk syarat nomor 9 dan syarat nomor 10 khusus untuk orang yang mempunyai kelainan hadats, misalnya beser dan lain sebagainya.

9. Sudah masuk waktunya, seseorang yang mempunyai/ terus menerus berhadats (seperti beser) maka wudhunya harus sudah masuk waktunya,

10. Muwalah, Yaitu tanpa adanya jeda waktu antara setiap basuhan wudhu dan sholat bagi yang selalu hadas. jadi setelah melaksanakan wudhu diharuskan langsung melaksanakan sholat.

 

 

SebelumnyaRukun Mandi Wajib dan Perkara Yang Mewajibkannya SesudahnyaMenghadapi Wabah Virus Corona


TINGGALKAN KOMENTAR