SEKILAS INFO
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan sebuah Tempat Ibadah / Musholla yang terletak di Jalan Raya Simbang Wetan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan  Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Pembangunan tema WP Masjid sudah dimulai, Bismillah… semoga diberikan kelancaran
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Senin, 26 02 2024 Februari 2024 >


Membaca shalawat pada malam Jumat mempunyai keistimewaan yang lebih. Pasalnya, shalawat merupakan amalan yang spesial dan malam Jumat juga adalah waktu yang istimewa. jadi, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak bershalawat di malam Jumat. Hal demikian ini dianjurkan secara langsung oleh Rasulullah saw dalam banyak haditsnya.

Berikut 3 hadits yang menganjurkan umat islam untuk memperbanyak membaca shalawat pada malam Jumat dengan berbagai manfaatnya :

1. Bershalawat pada malam Jumat di balas dengan 10 kali lipat

Orang yang bershalawat kepada Nabi Muhammad saw akan dibalas 10 kali lipat dari Allah swt. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Baihaqi, bahwa Rasulullah memerintahkan umat Islam agar memperbanyak bacaan shalawat di hari Jumat dan malam Jumat dan akan dibalas 10 kali lipatnya.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أكثروا عليَّ من الصَّلاةِ في يومِ الجمعةِ وليلةِ الجمعةِ ، فمَن صلّى عليّ صلاةً صلّى الله عليه عشرًا. (رواه البيهقي)

Artinya: “Rasulullah bersabda: Perbanyaklah kalian untuk bershalawat kepadaku di hari Jumat dan Malam Jumat. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku (Nabi Muhammad) sekali, Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali,” (HR Imam Baihaqi).

2. Mendapat kedudukan yang lebih dekat dengan Rasulullah

Imam Baihaqi juga meriwayatkan sebuah hadits yang menegaskan bahwa orang yang banyak bershalawat akan mendapatkan kedudukan yang dekat dengan Rasulullah.

وقال صلى الله عليه وسلم : أكثروا عليَّ من الصَّلاةِ يومَ الجمعةِ ؛ فإنَّ صلاةَ أمّتي تُعرضُ عليّ في كلّ يومِ جمعةٍ ، فمن كان أكثرهم عليّ صلاةً كان أقربهم منّي منزلةً. (رواه البيهقي)

Artinya: “Rasulullah bersabda: Perbanyaklah kalian untuk bershalawat kepadaku di hari Jumat. Karena sesungguhnya shalawatnya umatku itu disetorkan kepadaku setiap hari Jumat. Barangsiapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, maka dia akan mendapatkan kedudukan yang paling dekat denganku,” (HR Imam Baihaqi).

3. Memperoleh Syafaat

Hadits lain yang diriwayatkan Imam Baihaqi menyebutkan bahwa orang yang banyak membaca shalawat di hari Jumat dan malam Jumat, Rasulullah akan menjadi saksi dan memberikan syafaat baginya di hari kiamat nanti.

وقال صلى الله عليه وسلم : أكثروا عليَّ من الصَّلاةِ يومَ الجمعةِ وليلةِ الجمعةِ ، فمَن فعل ذلك كنتُ له شهيدًا وشفيعًا يومَ القيامةِ. (رواه البيهقي)

Artinya: “Rasulullah bersabda: Perbanyaklah kalian untuk bershalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumat. Barang siapa yang melakukan hal itu, aku akan menjadi saksi baginya dan memberikan syafaat padanya di hari kiamat,” (HR Imam Baihaqi).

Sebelumnya10 Lagu Nasional Indonesia Lengkap dengan Lirik dan Penciptanya SesudahnyaSiapa yang Berhak Menjadi Wali Nikah dan Syaratnya
  • Amalan 10 Hari Awal pada Bulan Dzulhijjah Amalan 10 Hari Awal pada Bulan Dzulhijjah
    Bulan Dzulhijjah atau dikenal juga sebagai bulan Haji, dimana pada bulan ini umat muslim menunaikan rukun islam yang kelima yakni melaksanakan Ibadah Haji. Bulan Dzulhijjah juga merupakan bulan yang sangat...
  • Amalan Pada Malam dan di Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) Amalan Pada Malam dan di Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha)
    Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang banyak di nanti-nantikan oleh umat Islam, hari raya Idul Fitri atau biasa disebut hari kemenangan tentunya kita sambut...
  • Ijazah Malam Nisfu Sya'ban Agar dimudahkan Rizkinya Ijazah Malam Nisfu Sya’ban Agar dimudahkan Rizkinya
    Malam ini bertepatan dengan malam Nisfu Sya’ban 1442 H, dimana pada bulan Sya’ban ini mempunyai banyak keutamaan-keutamaan. Pada malam Nisfu Sya’ban biasanya kita membaca do’a, di Musholla Nurul Huda Sendiri...
  • Keutamaan dan Amalan Malam Nisfu Sya'ban Keutamaan dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban
    Malam Nisfu Sya’ban (malam tanggal 15 di bulan Sya’ban) menjadi malam yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam. Sebab pada malam itu, Allah SWT menetapkan segala keputusan yang berhubungan dengan...
  • Amalan Membuka Pintu Rezeki Amalan Membuka Pintu Rezeki
    Ijazah Habib Umar bin Hafidz Ulama besar dari Hadramaut Yaman Habib Umar bin Hafidz memberikan ijazah kepada seluruh umat muslim untuk selalu berzikir kepada Allah kapan pun dan di mana...


TINGGALKAN KOMENTAR