SEKILAS INFO
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan sebuah Tempat Ibadah / Musholla yang terletak di Jalan Raya Simbang Wetan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Musholla Nurul Huda Simbang Wetan  Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
  • 6 tahun yang lalu - Pembangunan tema WP Masjid sudah dimulai, Bismillah… semoga diberikan kelancaran
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Minggu, 14 07 2024 Juli 2024 >

IMSYAK 04:17
SUBUH 04:27
DZUHUR 11:46
ASHAR 15:04
MAGHRIB 17:40
ISYA 18:48

Wudhu hukumnya wajib untuk orang islam yang akan mengerjakan sholat, maka dari itu kita juga wajib mengerti syarat dan rukun wudhu. Sebelumnya kami telah menulis syarat sah wudhu yang jumlahnya ada 10, sedangkan untuk fardhu wudhu atau rukun wudhu jumlahnya ada 6.

Wudhu hukumnya wajib bagi orang yang akan mengerjakan sholat, karena wudhu menjadi syarat syah sholat. Sesuai dengan firman Allah Ta’ala di dalam Alqur’an surat Almaidah ayat 6 :

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا قُمۡتُمۡ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغۡسِلُوۡا وُجُوۡهَكُمۡ وَاَيۡدِيَكُمۡ اِلَى الۡمَرَافِقِ وَامۡسَحُوۡا بِرُءُوۡسِكُمۡ وَاَرۡجُلَكُمۡ اِلَى الۡـكَعۡبَيۡنِ‌ؕ 

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. ….”

Adapun rukun wudhu/ perkara yang wajib dilakukan ketika wudhu jumlahnya ada 6, yaitu :

  1. Niat, (niat ini bersamaan dengan membasuh wajah)
  2. Membasuh wajah
  3. Membasuh kedua tangan
  4. Membasuh kepala
  5. Membasuh kedua kaki
  6. Tertib

Keterangan :

1.  Niat

Niat wudhu itu dilakukan bersamaan pada saat membasuh wajah yang pertama, artinya pada saat membasuh wajah yang pertama di dalam hatinya mengucap niat. Tanpa ada niat maka wudhu kita tidak sah, karena niat termasuk rukun wudhu.

Untuk lafal niat sendiri adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ اْلوُضُوْءَ لِرَفْعِ الحَدَثِ اْلاَصْغَرِ لِلّهِ تَعَلَى

2. Membasuh wajah

Sunah membasuh wajah dilakukan 3 kali, dengan basuhan pertama disertai niat di dalam hati.

Sebelum niat atau membasuh wajah kita disunahkan menghadap kiblat, kemudian terlebih dahulu mencuci kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan sebanyak 3 kali, dan disertai membaca :

      ، اَعُوْذُ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرِّحِيْم

           رَبِّ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنَ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُوْنِ

Selanjutnya disunnahkan berkumur sebanyak 3 kali, dan menghisap air ke hidung juga 3 kali. Kemudian baru membasuh wajah, pada basuhan yang pertama disertai niat wudhu di dalam hati.

Lafal Niat Wudhu adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ اْلوُضُوْءَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ الاَصْغَرِ لِلّٰهَ تَعَلٰى

Dalam membasuh wajah pastikan semua air rata diseluruh wajah, sebagai patokan wajah yaitu mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga janggut, sedangkan lebarnya dari intil-intil telinga kanan sampai intil-intil telinga kiri.

3. Membasuh Tangan

Membasuh tangan yaitu sampai dengan siku, disunnahkan dimulai dari tangan kanan 3 kali, kemudian dilanjut tangan kiri 3 kali.

4. Membasuh sebagian kepala

disunnahkan membasuh kepala sebanyak 3 kali, meskipun hanya sebagian/ sedikit dari kepala / rambut kepala. Dan setelah membasuh kepala disunnahkan membasuh teliga kanan dan kiri 3 kali.

5. Membasuh Kaki

Dalam membasuh kaki juga disunnahkan dimulai dari kaki kanan terlebih dahulu sampai batas mata kaki, sebanyak 3 kali dan dilanjutkan dengan kaki kiri sebanyak 3 kali.

6. Tertib

Yang dimaksud tertib adalah pada saat melakukan wudhu harus berurutan setiap rukun/ fardhu wudhu tersebut diatas, kecuali niat yang bersamaan dengan membasuh wajah.

Jika fardhu wudhu tersebut tidak dilakukan dengan tertib atau berurutan, misal setelah membasuh wajah kemudian membasuh kaki terus membasuh kepala, maka wudhunya tidak sah.

 

SebelumnyaLirik Qosidah Almisku Fah (المسك فاح) - Teks Arab dan Latin Juga Artinya SesudahnyaDo'a Setelah Wudhu dilengkapi dengan Arti/ Terjemahannya


TINGGALKAN KOMENTAR